Polres Rohil dan Polsek Kubu Gencar Padamkan Karlahut.

Rohil -- Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di wilayah hukum Polsek Kubu Polres Rohil. Kali ini area kebakaran cukup luas hingga mencapai 20 Ha yang terjadi didua lokasi  Kepenghuluan Kecamatan Kubu Kabupaten Rohil. Senin 29 Juli 2024 mulai pukul 09.30 Wib sampai dengan pukul 21.30 Wib.

Dalam upaya memadamkan api didua lokasi, yakni Kepenghuluan Sungai Segajah Jaya dan Kepenghuluan Sungai Segajah Kecamatan Kubu yang dimulai sekira pukul 09.30 Wib sampai dengan  pukul 21.30 Wib. Berbagai kendala kerap terjadi dihadapi petugas dilapangan.

Bahkan, sampai-sampai personil Polsek Kubu Bripka Arsyad sekira pukul harus merelakan baju dinas kepolisiannya untuk memadamkan api saat kobaran api akan menjalar ke lahan ilalang kering sejumlah ratusan ha meski dibantu tim gabungan dengan pompa air dilokasi kebakaran.

Belum lagi, harus menahan lapar dan haus diarea kebakaran hutan yang jarak tempuh 25 kilo meter dari pemukiman warga, namun pantang mundur Kapolsek Kubu IPTU  Kodam F Sidabutar SH,MH, Camat Kubu H. Syafrizal S.Ag M.Si, Dan Ramil 04 Kubu KAPTEN INF M. Manurung, Penghulu Sungai Segajah Jaya, Penghulu Sungai Segajah beserta anggota Polres Rohil, Polsek Kubu, Anggota Koramil 04 Kubu serta masyarakat sekitar berupaya memadamkan api.

 Hal ini diungkapkan Kapolres Rohil, AKBP Isa Imam Syahroni SIK MH kepada wartawan, dalam pemadaman titik api diwilayah Kubu, keterbatasan bukan menjadi hambatan bagi aparat Polres Rohil dan Tim Gabungan untuk melakukan pencegahan agar kebakaran tidak semakin melebar luas .

Dengan peralatan seadanya, inisiatif dalam rangka memadamkan titik api dilokasi kebakaran sangat diutamakan, namun jangan sampai membahayakan, seperti apa yang dilakukan personil Polsek Kubu Bripka Arsyad atas inisiatifnya merelakan baju dinasnya digunakan untuk memadamkan api yang akan menjalar kelahan ilalang yang sudah kering dengan cara membasahinya dengan air kemudian memukul-mukulkan ke kobaran api.

Kalau tidak ada inisiatif memadamkan dengan cara seperti itu, ditambah lagi selang air tidak cukup, bisa jadi api akan melewati ke lahan ratusan ha ilalang kering, inikan lebih parah lagi dampak kebakaran hutannya. Jelasnya AKBP Isa. Selasa 30 Juli 2024.

Sebagai pimpinan tertinggi di Polres Rohil, AKBP Isa turut prihatin dan bangga atas inisiatif personil memadamkan api dilapangan. Namun keselamatan diri pada saat melakukan pemadaman dan pendinginan  harus diutamakan. Terkait pemadaman titik api diwilayah kabupaten Rohil, semua kekuatan kami kerahkan. Ungkapnya.

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain