Kapolres Rohil Pimpin Apel Gabungan Penanggulangan Karlahut"

Rohil - Pimpin Upacara Apel Gabungan Kesiap Siagaan dalam rangka Penanganan Karhutla di musim kemarau, Kapolres Rokan Hilir AKBP Isa Iman Syahroni SIK MH, Optimis Sinergitas stakeholder di Rohil mampu meminimalisir terjadinya Karhutla di Musim Kemarau. Jumat 26 Juli 2024 Pukul 08.00 WIB.

Demikian disampaikan oleh Kapolres baru Rohil AKBP Isa Iman Syahroni SIK MH, dalam sambutannya di Acara yang dihelat dilapangan apel Mapolres Rokan Hilir Jl. lintas Riau Sumut Kelurahan Banjar XII Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. 

Mendasari dengan perkiraan kondisi cuaca BMKG bahwa sebagian wilayah provinsi riau sudah memasuki musim kemarau dan sudah terdeteksi titik panas maupun kejadian karhutla di beberapa kabupaten atau Kota, dan ini maupun di wilayah Kabupaten Rokan Hilir sendiri.

Berdasarkan data dari aplikasi dashboard lancang kuning polri, pada hari senin ada 9 titik hotspot, hari selasa 15 titik hotspot, hari rabu 50 titik hotspot dan hari kamis 27 titik hotspot, hingga saat ini seluruh wilayah hukum polres rokan hilir sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan kecuali diwilayah hukum Polsek Simpang Kanan dan Polsek Rimba Melintang. adapun luas area yang terbakar sampai saat ini sekitar +-45 hektar, yang mana personil polres rokan hilir di backup oleh ditsamapta polda riau dan brimob beserta stake holder di kab. rokan hilir sedang melakukan upaya pemadaman dan pendingingan.

Peserta apel, hadirin yang berbahagia, apel kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan kabupaten rokan hilir tahun 2024 ini dilaksanakan untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan kita saat ini dalam menghadapi bencana,dan kita dapat mengetahui darimana sumber daya yang dapat digerakkan serta tahu siapa yang bertanggungjawab dalam melaksanakan penggerakan sumber daya.


Sebaik apapun rencana yang kita hasilkan akan tetap tanpa komitmen yang kuat dari kita bersama, maka rencana tersebut tidak ada artinya. jika terjadi kedaruratan yang sesungguhnya dan ancamannya melebihi dengan apa yang di bayangkan, maka rencana ini harus dapat segera dikembangkan menjadi aksi.

Penanggulangan karhutla menuntut kecepatan dalam melakukan respon. pemadaman dini sebelum api menjalar dan semakin membesar adalah prioritas utama maka dari itu koordinasi dan informasi sangat diperlukan baik dari masyarakat maupun stakeholder lainnya.

Dalam rangka mewujudkan kabupaten Rokan Hilir yang tangguh dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan ada beberapa kemampuan yang harus kita miliki adalah sebagai berikut, di antaranya, Kemampuan untuk mengantisipasi setiap ancaman atau bahaya yang akan terjadi, oleh karena itu kita dituntut untuk mampu melakukan prediksi, analisis, identifikasi dan

kajian terhadap risiko bencana kemampuan ini memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik yang canggih maupun tepat guna. juga dari pengetahuan yang modern hingga kearifan lokal yang sudah ada.


Kemampuan untuk melawan. Kemampuan untuk melawan ini sangat tergantung dari besarnya ancaman yang dihadapi. memetakan kemampuan sumber daya yang kita punya untuk menghadapi karhutla adalah kunci penanganan karhutla. kemampuan untuk saling mengingatkan.

Kemampuan ini adalah yang paling utama karena dengan saling mengiatkan kita dapat meminimalisir kejadian karhutla.


Itulah poin kemampuan yang harus kita tingkatkan. belajar dari pengalaman menghadapi berbagai kejadian karhutla di negara kita selama ini, dan hal tersebut diatas, maka dalam rangka,  penyelenggaraan penanggulangan karhutla dapat dilaksanakan secara terencana dan terintegrasi, sehingga penanganan karhutla dapat dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh. Demikian Arah apel Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kab. Rokan Hilir." Ungkap Kapolres AKBP Isa Iman Syahroni,.


Untuk diketahui Kegiatan apel dipimpin oleh Kapolres Rokan Hilir dihadiri oleh Danyon B Brimob Polda Riau Menggala Junction AKBP J. Firdaus, Waka Polres Rohil Kompol Ricky Michael Mandey S.I.K

Perwakilan dari Dandim Rohil Pasi Pers Letda Inf Dedek, Perwakilan Camat Tanah Putih Kab Rohil Hamdani S.Pd, 


Para Kabag Polres Rohil, Para Kasat Polres Rohil, Para Kapolsek Jajaran Polres Rohil.

Perwakilan Dari PT. Pertamina Hulu Rokan Dedi Irawan, Perwakilan dari PT. MASS , Sutarmin, Perwakilan dari PT. Ivomas, M. Mahbub, Perwakilan PT. Jatim Toto Wangkoro. 


Sementara itu adapun Peserta Apel ini adalah, 1 Pleton personil Kodim 0321 Rokan Hilir, 1 Pleton anggota Yon B Menggala Junction, 1 Pleton anggota BPBD Kab. Rohil, 1 Pleton Satpol PP 7, 1 Pleton Menggala Agni,1 Pleton PT. Mustika Agung Sarana Sejahtera (MASS), 1 Pleton PT. Ivomas, 1 Pleton PKS PTPN III Meranti Nusantara12, 1 Pleton PKS PT. Hasil Karya Bumi Sejati (HKBS) 1 Pleton PKS PT. Tunggal Mitra dan

1 Pleton PT. Jatim. 

Sumber plh Kasi Humas Polres Rohil

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain