Ramadhan Bulan Yang Dirindukan Oleh Umat Muslim Diseluruh Dunia.


Kh.Dr.H.Khairuddin Saleh,S.Ag.M.Pd.l,C.A.H


DURI, (ARM, 10 Maret 2024) - Dalam setiap penciptaan Allah dipastikan ada keistimewaannya, Allah ciptakan hari, hari jum'atlah paling istimewa, diciptakan malam, malam Lailatul qodar lah yang paling istimewa, dan Allah ciptakan 12 bulan, bulan ramadhan lah yang paling istimewa. 

Dalam bulan ramadhan itu ditaburkan Allah banyak keberkahan, diantaranya Ramdhan bulan ibadah, yang semua ibadah nilainya di lipat gandakan Allah,bahkan ibadah sunah di lakukan di bulan tersebut sama nilainya dengan ibadah wajib di bulan lain. Sabda Nabi Saw," jika ummatku tahu keutamaan bulan Ramdhan itu,maka mereka akan berkeinginan Ramdhan itu setiap bulannya(tidak ada bulan lain selain Ramdhan).

Bersama Prof.Dr.Ilyas Husti,MA(Direktur pasca sarjana UIN SUSKA RIAU dan ketua MUI Propinsi Riau)

Ramdhan bulan keampunan, selama bulan Ramdhan nanti pintu maghfirah(keampunan Allah)dibuka lebar. Kita sangat maklum bahwa kita ini manusia biasa, tak luput dari kesalahan dan dosa,jika semua itu kita Bawak mati,kelak kita akan dapat azab,yang azab itu sendiri sangatlah mengerikan. Maka Allah dengan Rahman dan rahimNya kepada kita hamba yang beriman,disiapkan 1 bulan selama 11 bulan bergelimang dosa dan noda tadi,yakni bulan Ramdhan. Maka perbanyaklah istighfar,mohon keamounan Allah dan sholat sunah taubat selama bulan Ramdhan,insya Allah dosa dan kesalahan kita Allah ampuni.

Bersama prof Dr. Khairunas Rajab,MA

(Rektor UIN SUSKA RIAU)


Ramdhan bulan puasa, selama 11 bulan kita menikmati makan dan minum, serta hal lainnya dengan leluasa, namun 1 bulan saja kita diperintahkan Allah berpuasa,menahan diri dari makan dan minum serta hal yang membatalkannya. Ini sangat berguna sekali untuk diri kita sendiri, diantaranya;

1. Dengan berpuasa, kita bisa mengendalikan diri dari keserakahan hawa nafsu yang tak berkesudahan. Manusia dibekali hawa nafsu,agar mereka bisa menjadi Khalifah di muka bumi ini,penyelamat,pelestari dan perawat jagad raya ini. Namun jika hawa nafsunya tidak terkendali,maka mereka jauh lebih buas dari binatang ternak.

2. Puasa akan menetralisir keseimbangan tubuh, karena 11 bulan mesin pelunak makanan dalam tubuh kita bekerja ekstra siang dan malam, tentu akan mengalami keterbatasan program kerjanya, maka ada satu bulan tenaga ekstranya dikurangi yakni bulan Ramdhan, sehingga muncul peremajaan tenaga yang otomatis menghadapi 11 bulan berikutnya sudah memiliki tenaga baru dan tubuh akan menjadi lebih kuat dan daya tahannya lebih lama dari serangan penyakit. Sabda nabi Saw,"puasalah kalian,niscaya kalian akan sehat".

Saat wisuda S3 2020 yang lalu...

Ramadhan bulan turunnya kitab suci Al Qur'an, Al Qur'an adalah pedoman hidup ummat Islam, isinya mengandung perintah dan larangan Allah,sejarah i'tibar orang-orang terdahulu, menerangkan hal yang baik dan buruk, mengurai tentang hukum-hukum dll, kesemuanya untuk kebaikan manusia di dunia dan di akhirat kelak. Jika kita berpedoman pada Al Qur'an, hidup kita akan baik,tentram,aman,damai dan bahagia sebaliknya jika kita mengabaikan Al Qur'an,maka hidup kita akan sengsara,amburadul, tak bertujuan, resah, gelisah dan merana. 

Begitulah peran penting kitab suci Al Qur'an buat manusia, ia diturunkan di bulan yang mulia pula yakni bulan Ramadhan.

Inilah sebab kenapa ramadhan di rindu,di rindu oleh mukmin, karena tidak ada kemuliaan selain bulan Ramdhan, tidak ada keutamaan selain bulan Ramadhan...semuanya terkumpul dibulan yang mulia ini, RAMADHAN KU RINDU....

hitungan hari lagi Ramadhan datang menjelang, mari kita sambut dengan gembira,suka cita....

مرحبا يا رمضان...

مرحبا يا شهر الصيام....

Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan 1445H, saya Kh.Dr.H.Khairuddin Saleh,S.Ag.M.Pd.l,C.A.H dan keluarga memohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan yang alam  nyata dan alam media, di sengaja dan tidak di sengaja, ZOHIR dan bathin. Semoga ibadah kita diredhoi Allah SWT...

امين يا رب العالمين....



0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain