Pengabdian Mahasiswa Kukerta UNRI Adakan Pelatihan Media Pada Siswa SMPN 1 Lirik Kabupaten Indragiri Hulu


Sukajadi (Amanriaumedia.com) – Mahasiswa Kukerta Universitas Riau (UNRI) mengadakan pelatihan media pada siswa SMPN 1 Lirik Kabupaten Indragiri Hulu sebagai bentuk gerakan melek terhadap teknologi informasi. Kegiatan dilaksanakan bertepatan pada hari Jumat (28/07/2023).

Pelatihan diadakan di salah satu ruang kelas SMPN 1 Lirik. Pelatihan diadakan dengan sasaran siswa kelas 7 dan 8. Tim Kukerta Unri menggunakan media canva sebagai aplikasi ajar untuk siswa.

 Dasar pertimbangan pemilihan Canva sebagai media ajar adalah Canva memiliki User Interface yang simple namun memiliki nilai estetika yang tinggi. Selain itu, canva juga memiliki fitur-fitur dan template yang dapat menjadi nilai tambah dibanding media lainnya.

“ Canva merupakan aplikasi yang berguna, ke depannya siswa dapat mengggunakannya untuk pembuatan struktur kelas dan presentasi materi Tugas,“ ucap Ibu Syekh yang menyemangati siswanya untuk mengikuti pelatihan media canva. 

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan sambutan dari perwakilan guru SMPN 1 Lirik, yaitu ibu Syekh selaku pembina OSIS dan Humas SMPN 1 Lirik. Kegiatan ini juga dibersamai oleh guru-guru dari SMPN 1 Lirik. Pelatihan ini dilakukan dengan mempraktekkan cara menggunakan media canva yang dibimbing langsung oleh mahasiswa Kukerta UNRI, Novril Gabriel Tampubolon dan Rodiah Rahmawati.  

Adapun hal-hal yang diajarkan dalam praktek kali ini berupa pembuatan ppt, cara membuat struktur kelas, dan jadwal piket. Kegiatan berlangsung dengan khidmat dan lancar. Siswa SMPN 1 Lirik mampu mengikuti pelatihan dengan baik dan benar, walaupun beberapa ada yang terkendala dalam akses internet. 

Pelatihan canva ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMPN 1 Lirik dalam pembuatan desain grafis. Mengingat betapa pentingnya pengetahuan serta keterampilan dalam menggunakan aplikasi desain grafis untuk era digital seperti sekarang. 

Mahasiwa Kukerta UNRI juga mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah SMPN 1 Lirik terutama kepada Ibu Lidia Eliani, S. Pd selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Lirik, karena telah mengizinkan Mahasiswa Kukerta melaksanakan Pelatihan di SMPN 1 Lirik Kabupaten Indragiri Hulu. 

1/Post a Comment/Comments

  1. Mantap....ini merupakan salah bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat

    BalasHapus

Posting Komentar

Stay Conneted

Domain