Dandim 0303 Bengkalis, Hadir Dalam Pembukaan Lomba Cipta Menu/Festival Pangan Lokal Beragam, Seimbang, Dan Aman( B2SA) Tingkat Kabupaten Bengkalis, Dalam Sempena Hari Kemerdekaan RI Ke- 78 Tahun 2023


Bengkalis - Memperingati Sempena Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 tahun 2023 pemerintah kabupaten bengkalis membuka festival lomba cipta menu pangan lokal beragam bergizi, seimbang,dan aman ( B2SA) pada tingkat kabupaten bengkalis.

Acara kegiatan festival B2SA dilaksanakan pada hari Selasa (15/08/2023) pada pukul 09:30 Wib pelaksanaan kegiatan bertempat di Wisma Sri Mahkota Bengkalis Jalan Antara, Desa Senggor, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, dalam acara festival tersebut turut hadir Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letkol INF Endik YH.

Pembukaan festival B2SA turut dihadiri oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos.MMP, Wakil Bupati Bengkalis Dr. H. Bagus Santoso. MP, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia Hermanto, Kapolres Bengkalis diwakili Ps. Kasubglog Polres Bengkalis AKP Andri Saputra, Kejaksaan Bengkalis diwakili Kasubag Bin Kejaksaan Bengkalis,Aristoteles.SH, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis diwakili Hakim PA Bengkalis, Rheza Pahlawi, S.Sy,

Kepala OPD lingkup Bengkalis, Camat Bengkalis Kab. Bengkalis,Taufik Hidayat, S.STP, MPA, Camat Bantan Kab. Bengkalis, Aulia Army Effendy, S.STP, Camat Bandar Laksamana Kab. Bengkalis Ade Suwirman, S.STP, M.A.P, Danposal POS Bengkalis, diwakili Serma Depri,Ketua kemenag Bengkalis diwakili Ibrahim,Ketua TP PKK kab. Bengkalis Hj. Siti Aisyah.

Dalam sambutannya Bupati Bengkalis Kasmarni,S.Sos.MMP mengatakan kita dari pemerintah kabupaten bengkalis Tentunya sangat menyambut baik dengan dilaksanakannya lomba cipta menu b2sa ini, selain sebagai ajang kompetisi dan kreatifitas masyarakat terutama bagi ibu-ibu rumah tangga dalam memilih, menentukan, menyusun serta menyajikan menu b2sa berbasis sumber daya lokal, pungakas nya.

Dengan adanya kegiatan ini kita Berharap, melalui kegiatan ini secara tidak langsung kita dapat mengkampanyekan kepada masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada disekitaran rumah dan lingkungan kita, dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan tim penggerak PKK semua tingkatan, bumn, bumd, dunia usaha serta pihak-pihak terkait lainnya untuk terus memperhatikan pola konsumsi pangan masyarakat, karena pola konsumsi pangan masyarakat merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi keluarga dan masyarakat itu sendiri, Ujar bupati Bengkalis Kasmarni.


Orang nomor satu di Bengkalis Kasmarni S,Sos, MMP juga mengatakan Karena kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh besar terhadap tingkat kesehatan sebuah keluarga, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, kita berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan lebih besar lagi, tidak terbatas kepada pengurus pkk saja, akan tetapi, juga memberikan kesempatan kepada pedagang dan umkm yang ada didaerah ini untuk ikut serta dan berpartisipasi, agar mereka juga bisa memahami, memiliki kreatifitas dan inovasi untuk membuat dan menyajikan produk kuliner atau jajanan berpola B2SA dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang ada di negeri ini, sehingga masyarakat kita sebagai penikmat kuliner, juga dapat mengkonsumsi kuliner dan jajanan yang benar-benar bergizi, sehat serta aman. apalagi dengan semakin besarnya gempuran promosi produk pangan serta kuliner import yang banyak masuk dipasaran lokal kita sekarang ini, kita ketahui saat ini kita sedang gencar mengatasi stunting yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis. terjadinya kekurangan gizi kronis atau gizi buruk kepada balita tersebut, salah satu penyebab utamanya, selain faktor ekonomi, juga disebabkan kurangnya pengetahuan dan kesadaran orang tua, terutama ibu hamil dan menyusui pada makanan yang beragam, bergizi, dan berimbang serta aman, ditambah pula terjadinya pola makan yang buruk dalam keluarga dan masyarakat, dengan adanya kegiatan ini kita Minta agar senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk tetap dapat menjamin kemantapan ketahanan pangan diwilayahnya masing-masing, baik berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi dan keamanan pangan terutama dalam menyikapi perkembangan terkini di tingkat lokal, nasional maupun global, Pungkas nya.

Pada pukul 11:45 Wib acara pembukaan dan lomba B2SA tingkat kabupaten bengkalis selesai dilaksanakan dalam kondisi aman dan terkendali.(Mika)




Editor: Mika 

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain