Mencegah Konflik Sosial Antara Masyarakat Dan Perusahan, Dandim Bengkalis Laksanakan Komsos Bersama Pimpinan Perusahaan Yang Ada Di Kota Duri

 

DURI – Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto didampingi Kepala Staf Mayor Arh. Sudiyono, Danramil 03 Mandau Kapten Arh. Jemirianto dan Danposramil Bathin Solapan Letda. Arh. Rickman Sinaga laksanakan komunikasi sosial bersama para pimpinan perusahaan yang menggarap cakar usaha di wilayah Kota Minyak – Duri, Senin (17/7).

Komsos tersebut diadakan di Aula markas Koramil 03 Mandau dengan mengangkat tema ‘Moderasi Beragama dan Tantangan Polarisasi di Indonesia’ dan turut dihadiri oleh komponen masyarakat lainnya. Pada kesempatan itu, Letkol Endik sampaikan akan pentingnya peran perusahaan dalam memitigasi konflik sosial di tengah masyarakat.

“Keberadaan perusahaan, dunia usaha dan dunia industri di wilayah Kabupaten Bengkalis dewasa ini sangat berperan penting dalam mengangkat taraf hidup masyarakat. Di samping itu, jajaran perusahaan juga berperan penting dalam mencegah konflik sosial yang dapat mengganggu ketenteraman,” kata Letkol Endik.


Hal itu diungkapkan Endik berkaca dengan konflik sosial antara PT Panahatan dengan masyarakat di wilayah Kecamatan Bathin Solapan. Pada kejadian iti, seorang warga meninggal dunia akibat luka diduga benda tumpul.

Mencegah kejadian serupa terulang di lain waktu sekaligus memberi ruang yang aman dan nyaman bagi para investor dalam berinvestasi guna mensejahterakan masyarakat, Dandim 0303 Bengkalis ini mengajak seluruh pihak untuk berpartisipasi dan aktif menjadi agen pencegah konflik.

“Kalau ada perselisihan di internal perusahaan ataupun dengan masyarakat sekitar, segera selesaikan dengan cara musyawarah mufakat. Jangan pakai cara kekerasan yang memicu keributan, harus ada Win-win Solution-nya. Perusahaan tidak rugi, masyarakatnya juga terayomi bahkan bisa diberdayakan sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Upaya lebih kondusif, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memetakan wilayah-wilayah tertentu yang diduga rawan konflik untuk kemudian dilakukan penyuluhan serta pendekatan lebih humanis agar potensi atau pemicu konflik bisa diatasi. “Tim kita selalu patroli di berbagai tempat dan lokasi, mulai dari unit intel sampai dengan Babinsa. Dengan ini, kerja sama antara seluruh komponen bangsa sangat dibutuhkan agar kondusifitas di Kota Minyak tetap terjaga. Bila keamanan terbina dengan baik, maka gairah investasi bakal lebih besar. Dengan demikian, upaya mensejahterakan masyarakat dengan terbukanya banyak lapangan kerja dapat terwujud,” tukasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Anggota DPRD Bengkalis, Pelda (Purn) Giatno, Anggota Kodim 0303 Bengkalis, Anggota Koramil 03 Mandau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Manajer PT ISA Budianto dan para pimpinan perusahaan lainnya. Acara berlangsung khidmat dan bermuara pada komitmen bersama mencegah konflik sosial untuk mendukung keharmonisan antara perusahaan dan masyarakat. (CN)




Editor: Mika

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain