Rapat Konsolidasi Pengurus PMBDS, Jalin Silahturahmi Dalam Pengembangan Organisasi


Mandau,

Dewan pengurus Persatuan Masyarakat Batak Duri Sejahtera (PMBDS),menggelar acara silaturahmi terhadap Dewan pengurus yang bertempat di kantor sekretariat jalan Hangtuah Duri,pada kamis (30/03/23)pukul 18:00 wib sampai selesai.

Rapat ini dihadiri oleh Ketua Umum PMBDS Santun Sihombing, Ketua Harian Heris Silalahi dan wakil, Bendahara Karlos Simanjuntak dan wakil,Sekjen baru Drs Gunsang Manalu dan wakil. Juga hadir penasehat Agen Simbolon, Ketua Etnis Batak Simalungun dan juga Ketua Etnis lainnya serta pengurus lain nya termasuk bidang perempuan.

Rapat di pimpin oleh Ketua Harian Ir Heris Silalahi menyampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh pengurus yang hadir walau ada beberapa pengurus lainnya ada yang berhalangan.

" Agenda malam ini untuk silaturahmi antar sesama pengurus sekaligus  perkenalan terhadap Sekjen yang baru, serta membahas program pengembangan organisasi kita ini ke depan" Kata  Ketua Harian PMBDS Ir Heris Silalahi saat membuka rapat.

Sementara itu, Ketua Umum PMBDS Santun Sihombing menyampaikan rasa haru dan bangga serta rasa suka citanya atas kehadiran pengurus dalam kegiatan malam ini.

" Hal ini pertanda bentuk kepedulian kita terhadap suku Batak yang ada di Duri sekitarnya dan  Kabupaten Bengkalis umumnya. Semoga melalui pertemuan malam ini akan melahirkan ide ide cemerlang guna  membesarkan organisasi PMBDS",kata Ketum Santun Sihombing dengan ceria.

Ketua Umum Santun Sihombing menjelaskan bahwa visi dan misi kegiatan ini dilakukan agar bisa menjadi sosial kontrol untuk pemerintah yaitu mendukung program – program pemerintah juga sebagai sosial kontrol dengan harapan bisa menciptakan Good Governance di Indonesia.

Terbentuknya PMBDS ini dengan tujuan agar menjalin hubungan mempererat persaudaraan sesama suku batak perantauan,dan lebih meningkatkan Solidaritas,Toleransi, Rukun,Gotong Royong, dan mengedepankan dalam hal kegiatan sosial kami lakukan serta akan mematuhi aturan aturan AD/ART yang ada,demikian ucap Santun.

Selanjutnya kata Ketum melalui silaturahmi ini juga menjadi momen untuk saling mengisi, memberi masukan masukan dalam pengembangan organisasi sehingga segala aktivitas di organisasi PMBDS dapat berjalan.
Lanjutnya, "Kita akan jadikan sekretariat   PMBDS ini menjadi sumber berkat bagi orang lain dan juga menjadi sumber kedamaian bagi seluruh masyarakat serta membangun persatuan dan kesatuan bersama suku lainnya di bumi lancang kuning ini,", imbuh Santun Sihombing sembari mengharap silahturahmi sesama pengurus dapat dijadikan kegiatan rutin.

Hal senada juga disampaikan oleh Penasehat Agen Simbolon,
" Melalui kegiatan ini akan menumbuhkan inspirasi untuk direalisasikan dalam bentuk program nyata selanjutnya. PMBDS kiranya dapat menciptakan lapangan  kerja bagi generasi mudanya, dan berharap  agar pertemuan ini membuahkan hasil. Program  tidak perlu terlalu banyak, walau sedikit namun  dapat terwujud dan bermanfaat bagi anggota dan seluruh masyarakat batak di duri.Terutama bidang  UKM yang sedang digalakkan pemerintah. Karena PMBDS juga sangat mendukung program pemerintah Kabupaten Bengkalis.," papar Agen Simbolon

Menurutnya PMBDS selalu menerima anggota baru dari profesi apapun, dan tidak juga memandang status agama, selain itu organisasi ini disebut murni sosial kemasyarakatan dan tidak ada hubungan Politik,Agama, Maupun Adat, Namun tetap mengutamakan ajaran agama.

Rapat konsolidasi ini juga guna pemantapan terhadap fungsional dan tugas di masing-masing jabatan yang di emban oleh pengurus.
Dalam rapat ini juga sekalian memperkenalkan sekretaris baru yang di percayakan kepada Drs. Gunsang Manalu menggantikan sekretaris lama.

Dalam kesempatan itu Sekretaris yang baru Drs Gunsang Manalu memperkenalkan diri kepada seluruh jajaran pengurus lainnya.Dan menyampaikan siap mengemban jabatan sekretaris guna memajukan PMBDS bersama jajaran pengurus dan dukungan anggota.

Berbagai pembahasan lainnya dalam pertemuan tersebut diantaranya untuk mengoperasikan alat musik gondang yang sudah tersedia saat ini. Untuk disiapkan dalam berbagai acara adat suku Batak.

Selain itu juga membahas terkait seni dan budaya serta prosesi adat istiadat Batak guna diwariskan kepada generasi Batak berikutnya di tanah rantau.

Rapat terlaksana dengan khidmat dan damai sehingga pengurus inti PMBDS semakin solid dan matang dalam membangun kebersamaan sesama pengurus dalam memahami visi dan misi organisasi ke masa yang akan datang dapat eksis dan selalu hadir di tengah masyarakat batak yang ada di kota duri, bengkalis.

" Kedepan kita akan membentuk dan melengkapi  pengurus PMBDS wilayah di setiap kecamatan yang ada. Hal ini untuk melengkapi keberadaan PMBDS dan segera dilaporkan kepada pihak Kesbangpol Kabupaten Bengkalis, " ,tutup Ketua Harian Ir Heris Silalahi. (L.HSB)


Editor:Mika

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain