Sosialisasi Program Bank Sampah dan Penguatan Lembaga Kemasyarakatan di Kelurahan Gajah Sakti

 



DURI-Permasalahan sampah, di Gajah Sakti, masih menjadi hal terus diupayakan untuk diminimalisir, baik itu terkait pembuangan dan pengolahan sampah.


Selasa (11/10), Pemerintah Kelurahan Gajah Sakti, gelar 2 kegiatan sosialisasi, pertama dengan tema 'Sosialisasi Program Bank Sampah sebagai Solusi Masalah Sampah' dan kedua dengan materi 'Sosialisasi Penguatan Lembaga Kemasyarakatan RT, RW, dan LPMK' dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Gajah Sakti, 


Lurah Gajah Sakti Kelly Fitriyana menyampaikan agar masyarakat Kelurahan Gajah Sakti berperan aktif menjaga lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan.


Materi kegiatan pertama diisi Ketua atau juga Direktur Bank Sampah Pematang Pudu Lambas Hutabarat, dihadiri Prama Widayat dan Nurhayani Lubis selaku Pendamping Program Bank Sampah PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dengan Universitas Lancang Kuning (UNILAK).


"Di Kecamatan Mandau ini, Bapak Ibu perlu ketahui, bahwa hanya 5% sampah yang dikelola oleh Bank Sampah Pematang Pudu, 95%nya belum dikelola, padahal pengelolaan sampah sendiri memiliki nilai yang dapat meningkatkan nilai sosial dan ekonomi," kata Prama Widayat, Pendamping Program Bank Sampah PT PHR dengan UNILAK.


"Pemerintah Daerah (Kabupaten Bengkalis) dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tentunya menghimbau kepada kita semua, masyarakat Kecamatan Mandau, agar meningkatkan kepedulian akan kebersihan lingkungan. Tentu dengan program bank sampah, pengelolaan sampah bisa menjadi nilai ekonomi juga menunjang kebutuhan keluarga,"ujar Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Muhammad Faizal.


Pada Sosialisasi Penguatan Lembaga Kemasyarakatan RT, RW, dan LPMK, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Camat Mandau Muhammad Faizal sampaikan materi terkait kelembagaan masyarakat.


"Kepada masyarakat yang menghadiri sosialisasi ini, diharapkan untuk memberi pengetahuan yang didapatkan dari sosialisasi kepada keluarga ataupun tetangga terdekat,"tukasnya.


Peserta sosialisasi kali ini ialah RT, RW, LPMK, kader PKK, kader Posyandu dan masyarakat Kelurahan Gajah Sakit.

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain