Ini Makna Hari Sumpah Pemuda Menurut Sanusi




BENGKALIS - Hari ini, bangsa Indonesia terkhusus di Kabupaten Bengkalis  memperingati Hari Sumpah Pemuda 2023 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2022. Sumpah Pemuda memiliki makna yang mendalam. 

Anggota Komisi I DPRD kabupaten Bengkalis dari Partai PKS Sanusi,S.H.,M.H lewat wawancara eksklusif berbicara tentang makna Hari Sumpah Pemuda.

"Sumpah Pemuda bagian dari  sejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Hari Sumpah Pemuda mengobarkan semangat juang rakyat Indonesia, khususnya para pemuda dalam memperjuang kemerdekaan Republik Indonesia. Hari Sumpah Pemuda lahir di Batavia (Jakarta) pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda terlahir dari Kongres Pemuda II, yang mana Kongres tersebut digelar selama dua hari, tepanya pada tanggal 27-28 Oktober 1928,"jelas laki-laki yang akrab disapa Yung Sanusi ini.

Dirinya juga menyampaikan bahwa, Sumpah pemuda memiliki makna yang begitu mendalam dan tentunya penting ditanamkan dalam jiwa. Untuk itu, kita harus mengetahui makna Sumpah Pemuda.

"Pancasila itu mengajarkan 3 hal diantaranya, 1. Mengajarkan nilai-nilai persatuan, 2. Menumbuhkan kebanggaan, 3. Menekankan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia. Selain 3 makna yang sudah disebutkan di atas, Sumpah Pemuda juga memiliki makna lainnya yaitu: wujud cinta tanah air, mengobarkan semangat juang pemuda, dan menjaga keutuhan bangsa,"pungkasnya.

0/Post a Comment/Comments

Stay Conneted

Domain